Sep 5, 2015

Peran MSDM bagi perusahaan-sebuah pengantar


Persoalan sumber daya manusia masih menjadi pusat perhatian bagi suatu organisasi atau perusahaan untuk dapat bertahan di era globalisasi yang diiringi dengan tingkat persaingan yang semakin ketat. Sumber daya manusia mempunyai peran utama dalam setiap kegiatan organisasi atau perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan kunci pokok yang harus diperhatikan dengan segala kebutuhannya. Neo (2011:2) menyebutkan bahwa sebuah organisasi bisa menjadi yang terbaik jika semua persoalan HRD dipraktekkan dan dikelola dengan baik. Manajemen sumber daya manusia sangat penting untuk keberhasilan organisasi karena modal manusia yang memiliki kualitas tertentu yang membuatnya berharga. Pendapat Neo memberikan pemahaman bahwa kualitas suatu organisasi berbanding lurus dengan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan tersebut dengan demikian bahwa memperbaiki kualitas suatu organisasi bisa dilakukan dengan memperbaiki kualitas sumber daya manusia yang ada di dalamnya.
Manajemen sumber daya manusia (SDM) adalah desain sistem formal dalam sebuah organisasi untuk memastikan penggunaan yang efektif dari pengetahuan, keterampilan, kemampuan, dan karakteristik karyawan lainnya untuk mencapai tujuan organisasi (Pynes, 2009:3). Pynes menekankan pada efektivitas penggunaan sumber daya manusia dalam perusahaan. Pencapaian tujuan suatu perusahaan memerlukan efektivitas penggunaan sumber daya manusia yang ada dalam suatu perusahaan. Efektivitas yang dimaksud oleh Pynes adalah bagaimana memanfaatkan 4 (empat) hal utama yang ada dalam setiap karyawan. Yaitu pengetahuan, keterampilan, kemampuan dan karakteristik yang dimiliki oleh karyawan. Kombinasi dari 4 (empat) hal tersebut menjadi pertimbangan utama dalam penempatan, pengelolaan dan penentuan kompensasi bagi karyawan, yang pada akhirnya akan menghasilkan efektifitas penggunaan sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan.
Pembahasan tentang sumber daya manusia (SDM) di Indonesia selayaknya menjadi topik utama dalam meningkatkan SDM Indonesia agar tidak tertinggal dalam menghadapi globalisasi. Dessler (2013:4) menjelaskan bahwa manajemen sumber daya manusia adalah proses untuk memperoleh, melatih, menilai, dan memberikan kompensasi terhadap karyawan, serta membangun hubungan antara tenaga kerja, antara kesehatan dan keselamatan, serta keadilan. Pendapat Dessler memiliki cakupan yang luas tentang SDM. Bagaimana memperoleh karyawan menjadi tugas awal untuk memperoleh modal tenaga kerja bagi perusahaan. Karyawan yang lolos seleksi kemudian dilakukan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan. Proses penilaian dilakukan setiap tahapan untuk mengukur kemampuan karyawan. Serta pemberian kompensasi yang sesuai dengan tanggungjawab yang diemban karyawan. Selain itu persoalan bagaimana membangun komunikasi antara karyawan, memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan serta keadilan merupakan tanggungjawab yang tidak terpisahkan dari alur proses manajemen sumber daya manusia. 

ref : silahkan email me

No comments:

Post a Comment

Tulisan Baru

Jamur Tiram peluang dan manfaatnya

  Jamur tiram merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah pada media kayu lapuk, dapat dikonsumsi serta bernilai ekonomi. ...