Apr 24, 2024

Jamur Tiram peluang dan manfaatnya

 

Jamur tiram merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah pada media kayu lapuk, dapat dikonsumsi serta bernilai ekonomi. Genus pleurotus, merupakan jamur tiram banyak dibudidayakan oleh petani. Jamur tiram putih tergolong pangan nabati dengan kandungan berprotein dan gizi. Jamur tiram merupakan alternatif pengganti sumber protein dengan kandungan proteinnya yang cukup tinggi, yaitu sekitar 10,5-30,4% setiap 100 gram berat jamur tiram. Menurut catatan dari Widyastuti (2013) Jamur tiram juga mengandung vitamin penting terutama kelompok vitamin B, mengandung mineral tinggi yaitu kalium (K), fosfor (P), Natrium (Na), magnesium (Mg) dan kalsium (Ca). 

https://ukmindonesia.id/baca-deskripsi-posts/untung-menggiurkan-peluang-bisnis-budidaya-jamur-yang-menarik-dicoba
Gambar Jamur Tiram - ukmindonesia.id

Secara alamiah, jamur tiram bisa tumbuh di alam bebas. Tetapi ada juga yang dibudidayakan, menggunakan media seperti serbuk kayu, dengan pembungkus plastik atau lebih dikenal baglog. Pertumbuhan jamur tiram sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Ada syarat-syarat untuk jamur tiram dalam proses budidaya. Jamur tiram dapat tumbuh secara optimum pada rentang suhu 26 - 28°C, sedangkan pertumbuhan miselium pada suhu 28 -30°C, kelembaban udara 80-90% dan pH media tanam yang agak masam antara 5 – 6 data dari ppid.pertanian.go.id.

Ide bisnis jamur tiram memberikan tantangan sekaligus peluang untuk dibudidayakan. Banyak referensi bisnis yang fokus membahas budidaya dan proses bisnis jamur tiram. Persoalan utama terdapat pada kemauan dan konsistensi dalam berwirausaha. Produk turunan jamur tiram juga masih luas misalnya dijadikan berbagai masakan, bisa juga sayur mayur, menjadi keripik, atau juga sebagai camilan renyah. Prospek ini bisa memberikan peluang lebih besar bagi para petani untuk memenuhi permintaan konsumen.

No comments:

Post a Comment

Tulisan Baru

Jamur Tiram peluang dan manfaatnya

  Jamur tiram merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah pada media kayu lapuk, dapat dikonsumsi serta bernilai ekonomi. ...