Mereka
yang mampu bertahan dan menang dalam persaingan adalah mereka yang mampu
membaca peluang pasar serta mampu memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen. Pengusaha harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen, tidak bisa dipungkiri bahwa konsumen merupakan sumber profit mereka. Memilih
pemasaran yang baik dalam menjalankan suatu usaha merupakan cara yang tepat
agar tetap eksis dalam persaingan dan produknya bisa dikenal dan diminati
konsumen.
Pemasaran yang sering terjadi
disekitar masyarakat secara alamiah sering terjadi dan biasanya disebut sebagai WOM. Pemasaran WOM ini
termasuk sederhana, tidak membutuhkan biaya besar namun tingkat efektifitasnya
sangat besar, khususnya pada produk yang bersifat makanan khas oleh-oleh dari suatu
daerah, misalnya pusat oleh-oleh khas dari Kota Banyuwangi.
Karakteristik masyarakat Indonesia yang suka berkumpul
dan bersosialisasi untuk bercerita akan hal-hal yang mereka sukai dan alami
sangat relevan dengan jenis produk ini yang pada umumnya dibeli oleh konsumen
untuk kepentingan sebagai buah tangan bagi mereka yang akan melakukan kunjungan
atau bersosialisasi dengan rekan maupun keluarga yang berada di luar Kota
Banyuwangi.
Paparan diatas memungkinkan pemasar untuk terus memperbaiki kinerja pemasaran dengan memanfaatkan kondisi sosial yang ada di masyarakat di Indonesia. Selamat Berjuang ...
No comments:
Post a Comment