Apr 14, 2023

Sistem Akuakultur

Akuakultur menggunakan air sebagai komponen utamanya. Kualitas dan kuantitas hasil dalam sistem akuakultur sangat ditetukan oleh kualitas air sebagai komponen utama akuakultur. Kualitas air berbanding terbalik dengan lama budidaya akuakultur. Seperti halnya budidaya ikan nila, semakin lama, akumulasi sisa pakan ikan akan menyebabkan manurunkan kualitas air karena rendahnya sirkulasi pergantian air (Tchobanoglous dan Burton, 1991 dalam Radhiyufa, 2011). Hasil kajian Panggabean et al (2016) menyimpulkan bahwa Penambahan pupuk hayati cair dalam air media pemeliharaan belum menunjukkan peranan yang berarti terhadap kualitas air, dan tidak berbeda nyata terhadap kelangsungan hidup, pertumbuhan, dan efisiensi pakan ikan nila. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pemberian pupuk hayati tidak menjadi solusi perbaikan kualitas air, sehingga diperlukan solusi lain agar bertambahnya waktu kualitas air tetap stabil dalam rangka mendukung pertumbuhan ikan.

Ikan nila mudah dibudidayakan, karena lebih tahan penyakit dan sangat mudah meningkatkan daya tahan diri pada perubahan lingkungan yang ekstrim.  Organisasi Pangan dan Pertanian (Food and Agriculture Organization) menyatakan bahwa produk perikanan merupakan sumber protein hewani yang universal, tidak menimbulkan penyakit, mencerdaskan dan menyehatkan. Tahun 2018 diperkirakan produksi ikan air tawar dapat menyalip produksi perikanan tangkap. Bahkan, tahun 2021 kebutuhan ikan air tawar diperkirakan mencapai 172 juta ton, naik lebih 15% dari kebutuhan rata-rata selama ini (Admin Puslatluh KP, 2018).

Riset yang memosisikan kualitas air sebagai faktor penting dalam pertumbuhan ikan nila dilakukan oleh Pramleonita et al (2018); Panggabean et al (2016);  Salsabila dan Suprapto (2018); Marrie et al (2018) dan Djunaedi et al (2016). Kajian yang dilakukan oleh ramleonita et al (2018) dan Panggabean et al (2016) fokus pada karakteristif fisik dan kimia, sementara kajian yang dilakukan oleh Djunaedi et al (2016) dan Marrie et al (2018) fokus pada budidaya intensif dengan menggunakan padat penebaran dan jumlah pakan yang tinggi.

Karakteristik fisik terhadap kualitas air meliputi; warna, suhu dan kecarahan. Karakteristik kimia meliputi: pH, disolved Ogxygen (DO), Kesadahan total dan karbon dioksida (CO2) (Pramleonita et al, 2018). Dimensi pengukuran kualitas air mengacu pada hasil riset yang dilakukan oleh Pramleonita et al (2018) dengan menjadikan 8 indikator tersebut sebagai dimensi kualitas air. Dimensi kualitas ikan nila adalah ukuran fisik ikan nila.

Penggunaan filter dalam budidaya ikan untuk menjaga kualitas air belum banyak dilakukan. Penggunaan filter untuk menjaga kualitas air banyak dilakukan pada level budidaya ikan budidaya ikan hias. Undergravel airlift pump merupakan sistem filter sederhana dengan menggunakan pendorong udara dari airasi. Undergravel filter murah, efektif dan bahannya mudah didapatkan Priono dan Satyani (2012). Lebih lanjut Priono dan Satyani (2012) menjelaskan bahwa undergravel filter berupa plate atau lembaran plastik yang berlubang lubang, di desain untuk ditempatkan di bawah gravel atau kerikil atau pasir kasar. Hasil kajian Hariyanto et al (2018) menyimpulkan bahwa penerapan undergravel filter mampu menjernihkan air atau crystal clear. Selain itu undergravel filter mampu menghasilkan sistem filter biologi yang baik dimana bakteri pengurai yang hidup di atas undergravel menguraikan kotoran-kotoran menjadi lebih halus.

 Berdasarkan paparan di atas, pembudidayaan ikan nila memerlukan kualitas air yang cocok untuk siklus hidup ikan nila. Kualitas air meliputi parameter fisik dan kimia. Parameter fisik kualitas air meliputi; warna, suhu dan kecarahan. Parameter kimia meliputi: pH, disolved Ogxygen (DO), Kesadahan total dan karbon dioksida (CO2).  Parameter kualitas ikan nila ditentukan ukuran ikan nila setelah proses pembudidayaan. Menjaga kualitas air secara empirik bisa dilakukan dengan menyediakan sistem yang baik dengan menerapkan filter dalam sistem akuakultur. Salah satu cara menjaga kualitas air adalah dengan menggunakan undergravel filter dengan memanfaatkan airlift pump sebagai pendorong utama dalam mengalirkan air.

No comments:

Post a Comment

Tulisan Baru

Jamur Tiram peluang dan manfaatnya

  Jamur tiram merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah pada media kayu lapuk, dapat dikonsumsi serta bernilai ekonomi. ...