Aug 29, 2015

Merdeka itu apa?

Baru beberpa hari rasanya kita merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70 dengan segala kemeriahannya, bangsa ini masih banyak menyisahkan persoalan yang tak kunjung terselesaikan. Persoalan bangsa ini seakan hanya mejadi bahan berita hingga akhirnya menghasilkan persepsi masyarakat yang kemudian menjadi bahan  untuk memojokkan atau membunuh karakter "pemimpin" di ranah politis.

Persoalan bangsa ini sebenarnya terletak pada bagaimana niat dan realisasi kita sebagai bagian dari bangsa ini. Niat yang bagus yang kemudian dilaksanakan dengan kesungguhan akan menjadi solusi "balsem" yang mampu menyembuhkan segala penyakit bangsa ini.

Yang terjadi saat ini sebaliknya, ada banyak individu dengan segala kemampuannya, namun di level realisasi masih sangat jauh dari apa yang kita harapkan. Bahkan termasuk penulis yang sedang mencoba menjadi bagian dari bangsa ini dan mencoba untuk berperan sesuai porsi dan posisinya masing-masing, namun nyatanya tidak bisa berbuat apa-apa.

No comments:

Post a Comment

Tulisan Baru

Jamur Tiram peluang dan manfaatnya

  Jamur tiram merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan mudah pada media kayu lapuk, dapat dikonsumsi serta bernilai ekonomi. ...